Rumah Senyum

Icon

. cerita bunda . cerita keluarga mahayattika .

Rencana perjalanan : Backpacking ke Pulau Sempu

segar_anak_p_-sempu.jpg

Sendang Biru

 

  • Bisa nginep disini, banyak penginapan. bisa beli ikan bakar dari nelayan
  • Baiknya nyebrang kalo pagi atau ore (sebelum jam 16.00). Tapi kalau ga mau bayar uang retribusi, nyebrangnya malam aja, sekitar jam 21.00.
  • Lapor dulu ke pos petugas Cagar Alam, sebelum berangkat ke Pulau Sempu
  • KEBANYAKAN rombongan wisatawan memilih bermalam di Sendangbiru atau jika ingin berpetualang dengan treking malam hari sekitar satu jam (jalan santai) bisa menyeberang ke Pulau Sempu sebelum pukul 23.00. Menurut seorang rekan, treking pada malam hari itu mengasyikkan, karena begitu sampai di sebuah telaga rombongan bisa beristirahat beratapkan bintang atau membuka tenda.

Menuju ke P. Sempuh bisa melalui :

  1. Waru-waru, bila ingin ke Telaga Sat atau Telaga Lele (satu-satunya sumber air tawar dan biasa dijadikan tempat berkemah) sekitar 1,5 jam
  2. Teluk Semut, bila ingin ke Segara Anakan

 

 

Telaga Lele

 

Selama perjalanan ke Tegal Lele kita akan menikmati lebatnya hutan belantara dan suara-suara binatang liar yang masih sering dijumpai di pulau ini. Berdasarkan kriteria iklim, fisioknomi (struktur hutan), perbedaan habitat, terutama tanah dan letak tinggi, formasi hutan di Cagar Alam. Pulau Sempu dapat dikelompokkan menjadi tiga tipe vegetasi, yaitu tipe vegetasi hutan pantai, tipe vegetasi hutan mangrove, dan tipe vegetasi hutan tropika dataran rendah. Tipe vegetasi hutan pantai terutama diwakili oleh Baringtonia asiatica, nyamplung (Calophyllum inophyllum), waru laut (Hibiscus tiliaceus). Sedangkan jenis vegetasi hutan tropika dataran rendah yang umum dijumpai di daerah pedalaman antara lain bendo (Arthocarpus elasticus), triwulan (Mischocarpus sundaicus), dan Buchaina arborescens.


Fauna khas Asia yang masih banyak dijumpai di daerah Cagar Alam Pulau Sempu ini antara lain babi hutan (Sus sp), kera abu-abu (Macaca fascicuslaris), dan kijang (Muntiacus muntjak). Sementara itu, dalam kawasan ini terdapat berbagai jenis burung di antaranya burung rangkok (Buceros undulatus), serigunting (Dicrurus macrocerus), dan wallet (Callocalia sp).


Setelah menempuh sekitar satu setengah jam perjalanan akhirnya kami tiba di Telaga Lele. Suasana tenang dan damai sangat terasa sewaktu kami tiba Telaga dengan luas areal lebih kurang dua hektar itu dikelilingi oleh hutan yang cukup lebat dengan keanekaragaman pepohonan berukuran besar. Keadaan demikian membuat suasana di sekitar danau tersebut terasa alami. Sesuai dengan namanya, telaga ini banyak terdapat ikan lele di mana menurut kepercayaan penduduk setempat ikan tersebut dapat mendatangkan malapetaka pada orang yang sengaja menangkap dan membawanya pulang. Panorama lain yang juga ikut mewarnai keindahan Telaga Lele adalah terlihatnya kera abu-abu dan kera hitam serta beraneka burung-burung yang selalu berkicau sepanjang hari.

 

 

Telaga Sat


Matahari pagi mulai terbit dari ufuk timur dan burung-burung pun bernyanyi di antara dedaunan pepohonan, para penghuni hutan pun mulai tampak seperti kera abu-abu yang berkejar-kejaran di atas pepohonan untuk mencari makan. Rencana perjalanan hari ini kami akan menuju ke Pasir Panjang dan setelah mempersiapkan segala sesuatunya kami langsung menuju ke Pasir Panjang. Sepanjang perjalanan kita akan melewati hutan tropis dataran yang tidak jauh berbeda dengan perjalanan dari Waru-waru ke Telaga Lele, beberapa saat kemudian kami tiba di Telaga Sat (telaga kering).


Telaga Sat adalah telaga yang pada musim kering hampir tidak memiliki air sama sekali dan pada musim penghujan kita akan melihat telaga yang luasnya dua kali dari Telaga Lele dan banyak terdapat ikan lele di dalamnya. Pada musim penghujan tempat ini sering terdapat berbagai jenis binatang seperti belibis, kijang, macan, dan berbagai macam jenis burung.


Pada saat kami tiba di Telaga Sat, air menutupi lembah dan kami harus menyeberangi telaga ini untuk sampai ke seberang. Sebenarnya kita dapat melewatinya tanpa harus berbasah-basah dengan menyisiri bukit, tapi kami memutuskan untuk melewatinya dengan menyeberang biar ada nilai petualangannya. Berjalan di air setinggi dada dengan membawa beban/ransel di atas kepala sangatlah melelahkan namun mengasyikkan. Kami bergerak perlahan-lahan di air. Sesekali terlihat ikan lele di permukaan air dan terkadang melewati kaki kami, hampir 30 menit lamanya untuk sampai ke tepian.

Pantai Kembar dan Pasir Panjang


Setelah dari Telaga Sat perjalanan dilanjutkan menuju ke Pantai Kembar. Deburan ombak Samudera Indonesia dan bukit-bukit karang yang berdinding terjal dengan ketinggian 25-50 meter juga hamparan pasir putih dan hijaunya ilalang menambah keindahannya. Perjalanan kami lanjutkan menuju Pasir Panjang dengan melewati beberapa bukit. Setelah melewati sekitar lima bukit, kami tiba di Pasir Panjang. Hamparan pasir putih yang panjangnya lebih kurang 1.000 meter dan hutan pantai sebagai latarnya seakan menghapus segala kepenatan kami. Keganasan ombak Samudera Indonesia merupakan sebuah pertunjukan yang spektakuler dan menjadi tontonan yang menarik.

Keindahan lain dari Pulau Sempu ini adalah Pantai Pasir Putih. Pantai ini terletak di bagian utara pulau dan merupakan daerah terbuka yang jauh dari pengaruh sungai/air tawar, bentuknya berupa hamparan pasir putih kekuning-kuningan dengan air lautnya yang jernih sehingga cukup menarik bagi wisatawan. Di tempat ini kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan antara lain berjemur, berenang, mengambil foto, bersampan, serta menikmati panorama alam lainnya. untuk mencapai Pantai Pasir Putih dapat ditempuh dengan menggunakan perahu motor selama lebih kurang 15 menit dari Pantai Sendang Biru atau berjalan kaki selama lebih kurang 20 menit dari teluk Waru-waru melalui jalan setapak.


Segara Anakan

 

Perjalanan lainnya kami menuju Segara Anakan yang merupakan danau air asin dengan luas areal lebih kurang empat hektar. Danau tersebut merupakan bagian dari laut yang menjorok ke darat melalui sebuah terowongan pada batu karang yang memisahkan danau tersebut dari Samudera Indonesia. Pada saat air pasang terowongan tersebut tidak kelihatan sehingga tampak sebagai sebuah danau. Adapun keindahan lain dari Segara Anakan ini adalah berupa bukit-bukit yang mengitari hampir seluruh sisi danau. Pada sisi lain di bagian timur terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas membentang dari utara ke selatan hingga mencapai punggung bukit karang di pantai selatan.

Selain keindahan pantai dan hutannya, di Pulau Sempu ini juga terdapat goa alam “air tawar” berjarak lebih kurang 25 meter dari garis pantai teluk sumber air tawar dan pada ketinggian 25 meter. Panjang goa sekitar 5-20 meter dengan bagian yang lebar tiga-lima meter berlantai kering. Goa ini sering dijadikan tempat semedi dan bertapa oleh masyarakat setempat. Goa lainnya yang ditemukan adalah goa laut bagian timur, tenggara, dan selatan Cagar Alam Pulau Sempu dengan medan topografi berat dan berdinding terjal sehingga pengunjung umum sulit mencapai lokasi goa tersebut.
Sebenarnya masih banyak potensi wisata yang menarik yang terdapat di Pulau Sempu ini seperti keindahan terumbu karang yang ada, Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, kami tak dapat mengeksplorasi lebih jauh lagi. Kendati demikian, dapat disimpulkan bahwa Pulau Sempu merupakan tempat yang cocok untuk menjadi tempat wisata dan riset ilmu pengetahuan.



TIPS untuk survival dan pleasure

 

· Karena di P.Sempu banyak sekali serangga, akan lebih nyaman bawa Anti-nyamuk lotion. Bisa juga kain kelambu. Murah kok, 4-5 meter Cuma 5rb. Trus nt disangkutin di pohon. (tapi kayaknya repot ya..)

· Minum Pil Kina/obat anti malaria, min 3 hari sebelum berangkat.. In case ada apa2..karena banyak nyamuk.

· Kalo mau lebih ringkes, ga usah bawa Sleeping bag juga gapapa, pake Sarung bag aja. Karena ga terlalu dingin. Tapi jangan lupa sediain Trash Bag, in case hujan. (tapi kayaknya kalo akhwat mah lebih aman dan nyaman dengan Sleeping Bag..)

· Pake kaos tangan panjang, UV-protection lotion,,panas bo! Oia, kacamata Ray-ban juga ok..

· Karena air tawar adalah source yang terbatas dan agak sulit ngambilnya, sebelum nyebrang dari Sendang Biru, bawa minimal 3Ltr/orang. Ini untuk konsumsi aja. Bersih-bersih mah ngambil di laut. Dan hindari menu meal yang ngabisin banyak air (missal : Indomie kuah, Sop)

· Disarankan membawa syrup/nutrisari/norit dan kondom. Kondom dapat berfungsi untuk tempat air (dalam keadaan urgent) dan bisa menampung sekitar 1 liter air, sedang norit untuk menetralisir racun dalam air, syrup/nutrisari sebagai penambah glukosa untuk stamina tubuh.

· Tebing2 di Pulau Sempu menetesakan air tawar murni yang berasal dari akar tanaman yg tumbuh diatasnya, bisa ditampung di botol Aqua (hati-hati dicuri kera).

· PAL ke 13 belok kiri (dari arah segara anakan) ada kubangan sumber air, biasanya hewan kecil2 berkumpul disitu untuk minum, air diendapkan dahulu beberapa saat sampai kotoran mengendap kemudian bisa direbus atau diminum langsung setelah di netralisir. Saat musim penghujan air berbau/berasa tanah.

· Botol Aqua besar yang kosong dapat dimanfaatkan menjadi pelampung tangan saat berenang di segara anakan di daerah yg agak dalam. Karena semakin ke tengah Kondisi Bawah laut semakin bagus, penuh dengan ratusan gerombolan ikan terbang kdang menabrak kaki2 kita saat mengayuh dan karang2 berwarna-warni (dengan 4 botol aqua bisa mengantarkan sampai menyeberang segara anakan dengan selamat)

· Kalo pingin hidup enak di Sempu peralatan ini musti wajib dibawa : senter/api trus ransum, obat, parang/pisau (buat buka jalan). Tiker (buat piknik kali..), jas hujan, kacamata renang (buat snorkeling), peralatan memasak (udah pinjem trangia dari Kang Pipin dong.. bawa spirtus ya–Ltg) dan makanan selain MIE INSTANT !! (gak sehat blasss).

 

Tulisan di atas disarikan dari :

 

· http://petawisata.blogspot.com/2005/05/pulau-sempu.html#c6432597290522694113

· http://www.dephut.go.id/informasi/propinsi/jatim/cagaralam_sempu.html

·http://portal.sabhawana.com/modules.php?op=modload&name=NS-Comments&file=index&sid=69&tid=18&mode=&order=&thold=

· http://mapala.net/archives/210

· Sharing dengan Kang Pipin @ McD simpang Dago, 22 Jan 2008

 

 

PULAU SEMPU….HERE WE COME….!!

segara-anakan.jpg

 

 

Filed under: Journey

2 Responses

  1. jcee says:

    ya, setuju bgt, pulau sempu is the best.
    jangan pernah berhenti bermimpi bila belum datang ke sana. aq aja sampe ngimpi 4 tahun baru bisa mengunjungi tempat itu.
    tapi tahun 2007, mimpiku mjd kenyataan. rasa capek pjlanan dr sby (qt pake spd mtor) selama 4 jam (+ istirahatnya) hilang dalam sekejap ketika tiba di sana.
    ya Allah, sungguh indah ciptaan-Mu

  2. Menujucintanya says:

    Iya Jcee, doain ya, kami mau berangkat pekan ini (kan ada long-weekend)walaupun cuaca dikabarkan buruk, curah hujan tinggi, kami mantabh mau berangkat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: