Keluarga Alamanda

Icon

. cerita bunda . cerita keluarga mahayattika .

Bila Saatnya Tiba

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.”

QS. Al-Ankabuut : 57

26 Januari 2008, saat kuterima kabar itu, Dini Elphitaniya, teman seperjuangan ketika di BEM FT Azman dulu, akhirnya kembali pada Sang Khalik. Setelah sakit kronis yang dideritanya selama 2 tahun lebih.. Mami, begitu kami akrab memanggilnya di BEM dulu, terkenal sebagai orang yang lembut, keibuan, diam bersahaja, beliau tidak pernah mengeluh tentang sakitnya. Dan saat pertemuan kami terakhir di walimah Novi Dzik, dengan senyuman dia menjawab : “gapapa Lintang, doain aja ya..”. Mami, tabahnya dirimu. Kepergiannya ditangisi oleh banyak orang yang sempat mengenalnya.

 

Walau tadinya sempat berfikir tidak hadir ke pemakaman Mami, karena keterbatasan rupiah di dompet (bagaimana bisa bertahan sampai akhir bulan ?? meski nanti awal bulan pun belum tentu ada solusi, karena belum tentu gaji bisa turun😥 nasib CPNS )tetapi ketika menelepon Parlan, aku baru menyadari, inilah saat terakhir kita untuk menunaikan hak terhadap sesama muslim : mengantarkan jenazahnya.. Setelah selama ini kami lalai dalam memberikan haknya, tidak menjenguk saat beliau sakit, bahkan tidak bertanya bagaimana kabarnya..

 

Akhirnya, pagi itu juga, aku memutuskan untuk hadir di pemakaman Mami. Untuk mengantarkannya ke tempat peristrirahatannya. Sekaligus ingin mengaplikasikan materi daurah mengurus jenazah yang sempat kudapat sepekan lalu di Mesjid Al Hikam. Aku mengejar Cipaganti pemberangkatan pukul 07.30 di Pasteur. Sayang, aku tertinggal travel yang berangkat 15 menit lalu. Aku meminta jadwal keberangkatan ke Jakarta tercepat setelah itu, dan yang ada hanya jurusan Cikini. Aku pikir, tak apalah, kalau sudah di Jakarta kan banyak angkot menuju lokasi. Dan aku pun berangkat pukul 08.00 menuju Cikini. Dan tebak apa? Ternyata trayek Cikini lewat pas di depan gang Mami! Subhanallah! Allah memang mengerti sekali keadaan hambaNYA yang sedang kesulitan menjalankan perintahNYA. Alhamdulillah…Masih jam 10.00, sempat sarapan dulu nih..Jam 11.00 lah baru ke rumah Mami, supaya tidak terlalu lama menunggu di rumahnya.

 

Sesampai di muka gangnya, sudah banyak mobil parker di kanan-kiri jalan, motor-motor memenuhi halaman-halaman rumah tetangga. Aku berjalan mendekati rumah beliau, tidak ada orang yang kukenali..Aku masuk terus, melalui pintu belakang, melewati bak alumunium tempat Mami disucikan terakhir kali. Bau kamper bercampur mawar memenuhi tempat tersebut. Aku masuk ke dalam rumah, dan kutemukan pemandangan agak janggal (setidaknya dari yang biasa kutemui selama melayat), tidak ada yang menangis meraung-raung, tidak ada yang membaca Yaasin, semuanya bersahaja, syahdu..

copy-of-dscf0211.jpgKusapa Ibu beliau yang duduk bersila di depan Mami, dan (Subhanallah), wajah Ibunya memancarkan keikhlasan dan kemenangan, seolah beliau ingin mengatakan “Yaa Rabb, kukembalikan titipan ini kepada MU..saksikanlah, bahwa aku telah menunaikan amanahmu ini“

 

Kudapati Mami terbaring kaku terbalut kafan. Dibalik kerudung putih tipis yang menutupi wajahnya, masih dapat kulihat semburat tatapan teduh Mami. Tapi Mami diam, Mami tidak lagi bernafas. Mami tidak lagi disini…

 

Allahummaghfirlaha

Warhamha wa’afihi wa’fu ‘anha

Wa akrim nujulaha wawassi madkhalaha…

 

Ya Rabb penggenggam jiwa-jiwa ini..

Jadikan amalan terakhir kami, (sebagai) amalan terbaik kami

Jadikan kami khusnul khotimah

 

*Sesungguhnya setiap hari-hari kita adalah adalah perjalanan menuju NYA

Amat tidak pantas orang muslim mengutamakan dunia, padahal mereka sedang bergerak menjauhinya. Dan amat tidak pantas orang muslim melalaikan akhirat, padahal mereka sedang bergerak mendekatinya..

Filed under: Journal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Aku dan dia

Kidzsmile Foundation

AIMI Jabar

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Yang silaturahim

  • 66,921 hits
%d bloggers like this: