Keluarga Alamanda

Icon

. cerita bunda . cerita keluarga mahayattika .

Risalah Penjelajah

backpacker.jpg

Oleh iman_septian@yahoo.com

Bepergian, travelling, backpacking, penjelajahan atau apapun namanya adalah sesuatu yang dianjurkan dalam Islam. Dalam surat Al-Mulk ayat 15 Allah SWT Berfirman: “Dialah Yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.”

 

Ayat tersebut menganjurkan kita untuk menjelajahi segala penjuru bumi. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa maksud dari ayat ini adalah: “Lakukanlah perjalanan kemana saja yang kalian kehendaki dari seluruh belahannya serta bertebaranlah kalian di segala penjurunya untuk menjalankan berbagai macam usaha dan perdagangan. Dan ketahuilah bahwa usaha kalian tidak akan membawa manfaat bagi kalian kecuali jika Allah memudahkankan kalian.” Dan usaha disini maksudnya perdagangan dan usaha lainnya dalam rangka membaca dan memahami ayat-ayat (tanda-tanda) kekuasaan Allah sehingga kita termasuk orang-orang yang dijuluki Ulil Albab (QS.3:190).

 

Dalam hal ini Nabi saw. bersabda: “Bepergianlah engkau agar engkau sehat dan berperanglah engkau agar engkau berkecukupan.” (HR. Ahmad). Kedua dalil tersebut cukup untuk menjadi alasan kenapa kita dianjurkan untuk bepergian dan menjelajahi semesta ini.

 

Penjelajahan yang Disukai oleh Allah

(dikutip dari Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq)

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw. telah bersabda, “Tidak seorangpun yang keluar dari rumahnya, kecuali di pintunya ada 2 panji-panji; salah satu diantaranya berada di tangan malaikat, sedangkan lainnya berada di tangan setan. Jika ia keluar itu untuk suatu urusan yang disukai Allah SWT., ia akan diiringkan malaikat dengan panji-panjinya. Demikianlah ia akan selalu berada di bawah panji-panji malaikat hingga ia kembali ke rumahnya. Sebaliknya, jika ia keluar untuk suatu hal yang dimurkai Allah, maka orang itupun akan diiringi setan dengan panji-panjinya. Dan demikianlah ia akan selalu berada di bawah panji-panji setan hingga ia pulang kembali ke rumahnya.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

 

Sunnah Penjelajahan

(disarikan dari berbagai sumber)

 

1. Minimal dilakukan oleh tiga orang

Diriwayatkan oleh Ahmad dari Ibnu Ummar r.a., “Rasulullah saw. melarang keadaan menyendiri. Artinya bila seseorang itu menginap atau bepergian dalam keadaan seorang diri.” Rasul juga bersabda, “Seorang pengendara itu adalah satu setan, dua orang pengendara dua setan, dan tiga orang pengendara barulah disebut rombongan orang yang bepergian.”

 

2. Dilakukan pada hari Kamis

Diriwayatkan oleh Bukhari, “Rasulullah saw. jika mengadakan perjalanan, jarang sekali berangkat bukan pada hari kamis.”

 

3. Berpamitan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Jika seseorang di antara kamu bermaksud hendak bepergian, hendaklah ia pamitan kepada saudara-saudaranya, karena Allah menjadikan doa mereka itu bermanfaat.”

 

4. Berdoa dan mendoakan

Disunahkan untuk banyak berdoa ketika kita bepergian, karena Nabi saw. bersabda, “Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa diragukan lagi, yaitu doa bapak, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya.” Sedangkan dalam riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi, Nabi saw. bersabda, “Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa seseorang bagi lainnya, sedangkan mereka dalam keadaan berjauhan.”

 

Bersambung…

 

Filed under: Journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Aku dan dia

Kidzsmile Foundation

AIMI Jabar

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Yang silaturahim

  • 66,921 hits
%d bloggers like this: