Keluarga Alamanda

Icon

. cerita bunda . cerita keluarga mahayattika .

Pregnancy Month 3-4

Wah.. udah lama banget ga update blog ini..

Dan sudah banyak hal yang terjadi sejak postingan terakhirku. Sekarang aku adalah seorang istri dan seorang calon ibu!🙂 Benar-benar perubahan besar dalam kehidupanku!

Well, let the time runs, and here is the story of my first pregnancy experience …

Someday, when the baby inside my belly is grew up, she/he may excite with this story. And so do we, his/her parents..

Let’s start the journey from the 3rd month of pregnancy

Pekan 14 : Gaza sudah keliatan wujudnya!!

Kali ini, kita ga lagi ke dr. Styrn di RSB EP, pengen cari dokter yang lebih “care” ke pasien. Dari hasil ngobrol-ngobrol ma Fitri, direkomendasiin dr. Wiwid. Subhanallah, dokternya enak banget! Ketauan sayang pasien, banyak ngomong, mau ngejelasin, dan mau berlama-lama waktu USG sambil nunjukin satu per satu anggota badan Gaza. Ya! Baru kali ini kami bisa melihat sosok Gaza berwujud manusia. Soalnya sebelum-sebelumnya, cuma keliatan gumpalan, dan percaya aja kata dokter kalo itulah Gaza🙂 Dan saat di USG, Gaza yang semula diam, tiba-tiba mengangkat tangannya, trus digerakkan seperti lagi melambai. Sepertinya dia tahu kalo lagi ditengok sama Ayah-Bundanya :p Aku dan Aa takjub ngeliatnya. Dan dia malah makin aktif beraksi, kakinya di gerak-gerakin kayak lagi lari. Trus muter badan, gerak-gerakin kaki lagi..Eyalah..ni anak caper.. :p Kata dokternya, anaknya aktif. Yaeyalah dok.. bapaknya kayak gitu :p

Sekarang Gaza udah sekitar 15-16 cm, detak jantung termonitor, air ketuban bagus.

Bunda 55 kg, TD 110/70

Pekan 16 : Ditiupkan ruh kepada jasadmu..

Well, diluar perdebatan tentang kapan sebenarnya ruh ditiupkan, artinya Gaza sudah bisa menerima stimulus dari lingkungan luar. Wah.. berarti aku harus lebih hati-hati nih kalo ngomong, berbuat, termasuk menempatkan diri dalam lingkungan. Karena Gaza udah bisa dengar obrolan orang-orang di sekitarku, bisa dengerin musik yang kudenger, bahkan katanya di usia segitu Gaza juga udah bisa “mempelajari” kemalasan ibunya..Waah..Kalo mau anak yang sholeh, pinter, rajin, dll emang harus dicontohin orang tuanya ya.. Kalo mo berhasil mendidik anak, harus berhasil mendidik dan disiplin sama diri sendiri dulu dong ya..

Pekan 17 : Bunda bisa merasakanmu, Gaza.. : )

Sekarang udah merasa agak enakan, karena ga enek2 lagi. Emang dari awal jg ga terlalu parah sih mual-mualnya. Palingan mual kalo kedinginan, apalagi kalo harus mandi shubuh-shubuh😀 dan harus dekat dengan lantai WC saat bungkuk untuk wudhu..huek! Cuma ini nih.. gusi bengkak, 2x berdarah waktu sikat gigi, dan sariawan banyaaak.. Setelah konsul ke drg. Is, katanya banyak makan sayuran plus vit C aja. Ya ud, beli lah vit C-nya IPI yang murah meriah😀

Akhirnya, pertama kalinya aku ngerasain gerakannya Gaza!🙂 awalnya kukira itu cuma letupan angin kayak mo kentut, mungkin lagi masuk angin, karena kecapean. Ternyata, letupannya berulang. Dan kalo baca keterangan dari info ayahbunda, katanya emang sudah waktunya aku ngerasain gerakan itu.. It was really you! Waah..jadi amaze!! Kutunggu-tunggu, kapan ya Gaza akan bergerak lagi. Megangin perut aja, sambil dielus-elus. Membayangkan, kalo aku ngerasain gerakan di perut, mungkin Gaza lagi menari-nari seperti pas kita USG di dr. Wiwid waktu itu.

Mulai pekan ini, atas saran cdr. Mira Amatullah, aku bikin “Gaza’s Kick Count” (hehe..namanya terinspirasi dengan rame-ramenya perhitungan suara Pileg 2009) untuk memonitor pola gerakannya. Dan mulai ngasih stimulan-stimulan ke Gaza, kayak Tilawah, mainan senter, dibacain dongeng, diajakin ngobrol. Kira-kira, Gaza merespon stimulan-stimulan itu ga ya?

Pekan 18 : Cari dokter di Bogor

Karena rencana mau melahirkan di Bogor, biar ada Mama🙂, jadi harus cari dokter dari sekarang! Pengennya sih bidan aja, dan Rumah Bersalin (bukan Rumah Sakit besar). Aku berharap, sebisa mungkin lahir normal, minimal dokter mengupayakan untuk bisa itu, bukannya maen asal caesar aja! Pengen ditemenin Aa nanti ketika melahirkan, bisa IMD ke Gaza, pengen room-in dengannya, dan hal-hal lain yang menurutku RB lebih mendukung dibandingkan RS. Dan lagi aku pernah punya trauma dengan RS yang katanya “Internasional”.. Ternyata, semakin besar RS, semakin komersil, dan semakin ga sayang pasien😦. Begitu juga dengan dokter, semakin terkenal, semakin sedikit waktu untuk konsultasi dan semakin materialistis! Sebel sama dokter! (emang udah anti dari dulu..) Selain itu, kalo melahirkan di RS jelaslah biayanya jadi berlipat! Whuaa.. Tapi bagaimana lagi, Mama dan Bapak mendesak, “anak pertama, lahirnya di dokter aja..” Kan akunya juga jadi ngeri kalo maksa untuk tetap di bidan. Biar gimanapun, orangtua lebih pengalaman.

Akhirnya periksa di RS H*****A, dengan dr. G, SpOg. Periksa kali ini, sama Mama dan Guruh aja, karena Aa lagi ujian masuk S2 UNJ. Ternyata dr. G cukup bersahabat, dan terlihat sayang pasien. Boleh juga nih dokter🙂 tapi itu loh, bayarnya ga nahan..: ( Biaya dokter 3x lipat, plus harus cek lab, dan vitamin-vitamin. Itupun aku ga nebus suplemen DHA, karena udah konsumsi omegaSqua-nya K-link. Walaupun kata dr.G, kurang mencukupi dan akhirnya disuruh beli suplemen DHA rekomendasinya.. ehm..keliatan banget jualannya, dok. Dan hebatnya, total biaya sekali periksa di RS. H*****A kemaren ngabisin 1/3 gajiku! (gajinya yang kecil, apa emang dokternya kemahalan?? :p). Kalo di Bandung, duit segitu bisa dipake buat 6x periksa!! Mana ga bisa pake Askes pula!! Ya Allah, yaa ghani..mudah-mudahan dilancarkan rezkinya..

Sekarang Gaza udah 280 gr, dan panjangnya sekitar 20 cm. Detak jantung termonitor. Tulang belakang bagus, tangan-kaki normal, lingkar kepala normal. Jenis kelamin? Engg..wah..belum keliatan nak..

Beratku 57,5 kg, udah naek 5,5 kg. TD 120/70. Alhamdulillah.. lancar so far.

Pekan 19 : Syukuran 4 bulanan

Serem juga pas dapet berita duka cita dari salah 1 teman kantor yang akhirnya meninggal karena melahirkan prematur. Di rumah, sendirian! Dan tragisnya, dia baru diketemukan 3 hari kemudian!! Ya Allah, semoga Engkau menjadikannya sebagai orang yang syahid seperti janjimu. Sejak kejadian itu, ibu-ibu DKM, temen-temen inkom, supir telimek, saudara-saudara, mewanti-wanti : ati-ati, jangan kebanyakan naek motor, jangan cape-cape, kalo ada apa-apa minta temenin, jangan sungkan minta tolong orang lain, catet nomer-nomer dokter, baek-baek sama tetangga, kalo lagi di luar kota suami suruh sering ngontrol (tuh, Aa.. catet tuh :p ). Ya, jaga-jaga aja, semoga Allah terus memberiku kemudahan seperti selama ini..

Alhamdulillah, syukuran Gaza banyak sodara yang dateng. Sebenernya di syariat emang ga ada tuh yang namanya syukuran 4 bulanan. Tapi daripada ntar diadain acara 7 bulanan yang pake adat-adatan?? Mending 4 bulanan..Minimal state of the art diadakannya acara syukuran itu lebih nyar’i : mensyukuri Gaza yang sudah ditiupkan ruhnya. Acaranya dimulai dengan pengajian ibu-ibu Kahuripan. Dimana aku disuruh ngaji cuplikan surat Maryam, Yusuf dan Luqman, terus dilanjutin baca ArRahman dan surat-surat pendek. Selama pengajian itu, Gaza ga berenti-berenti bergerak..bukan karena merasa panas denger ayat-ayat Allah kan nak?🙂 Siangnya, kami mendengarkan taushiyah dari Ustadz yang sengaja didatangkan Bapak jauh-jauh dari Bandung. Ustadnya Bapak yang bikin Bapak rajin dengerin rekaman ceramahnya di kompi, di hape, distel kenceng-kenceng di rg. Keluarga, dan tak lupa dibagi-bagi ke orang-orang supaya bisa mendapat pencerahan seperti yang beliau rasakan..🙂 Alhamdulillah..

Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Aku dan dia

Kidzsmile Foundation

AIMI Jabar

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Yang silaturahim

  • 66,921 hits
%d bloggers like this: