Keluarga Alamanda

Icon

. cerita bunda . cerita keluarga mahayattika .

Donor ASI

Lobby Lt.3 gd.20

Wanita berjilbab putih itu menghampiri wanita muda berpenampilan rapi a la insan perbankan. Mereka bersalaman dan saling memperkenalkan diri. Ini kali pertama mereka bertemu. Setelah terlibat percakapan yang masih agak canggung karena sama-sama baru kenal, mereka saling mendekatkan tas mereka, dan transaksi pun berlangsung! Wanita berjilbab tadi mengeluarkan botol-botol berisi cairan putih, dan langsung dimasukkan ke dalam tas wanita satu lagi. Ya! Transaksi untuk menyelamatkan seorang bayi dari bahaya susu formula telah berlangsung!

Halah, lebay! Hehe..

Pagi itu, seperti biasa Bunda cek email di kantor. Dan salah satu milis favorit Bunda adalah milis yang beranggotakan ibu-ibu dan ayah yang fanatik ASI. Disana kami saling menyemangati dan sharing pengalaman seputar ASI. Salah satu email yang menarik perhatian bunda adalah email yang bersubjek : URGENT : Butuh donor ASIP! Ternyata dari seorang bunda yang kewalahan kejar setoran stok ASIP. Kebetulan beliau juga berdomisili di Bandung! Kebetulan lagi, usia anaknya ga jauh beda dengan Gaza, lebih tua 3 minggu. Kebetulan lagi, dia laki-laki dan muslim. Nah ini dia nih! Segera bunda follow-up i, kami pun janjian ketemu siang itu juga.

Sudah sejak lama Bunda ingin mendonorkan ASI. Karena alhamdulillah, ASI kita melimpah. Sampai-sampai tiap akhir pekan bunda terpaksa membuang 5-8 botol ASIP, karena ga ada wadah lagi untuk menampung ASIP yang baru. Padahal banyak orang-orang yang bunda kenal, sedang kesulitan memberikan ASI untuk anaknya, karena ASInya sedikit. Tapi siapa yang mau terima donor ASI? Karena pasti banyak yang harus dipertimbangkan. Faktor kesehatan, faktor budaya, dan yang penting juga, faktor kemahraman. Walaupun ternyata ga semudah itu juga menjatuhkan cap “saudara sepersusuan” seperti yang dibahas di sini. Karena itu, Bunda ga keberatan ketika ditanya-tanya soal biodata dan riwayat kesehatan. Lagipula, Bunda yakin kok, kualitas ASI bunda no.1🙂 Mangkanya sampe melimpah dan Gaza alhamdulillah sehat dan aktif. Bunda kan juga ingin memberi yang terbaik buat Gaza.

Gapapa ya Gaza, Bunda kasih ASI yang seharusnya hak Gaza. Gaza berbagi ya buat temen Gaza. InsyaAllah, ASI bunda masih cukup buat Gaza. Kata ayahnya : semoga Gaza menjadi anak yang sholeh dan berguna untuk umat.

Filed under: Gaza, ,

13 Responses

  1. re_here says:

    iya,waktu baca awal2 artikel ini,aq dah “mbatin” tentang saudara sepersusuan. alhamdulillah kl sdh dipikirkan jg.mudah2an menjadi amalan yg diterima dan tdk ada masalah di kemudian hari

  2. […] Papap Bambang dateng ke rumah. Tentunya bareng Istan dong Akhirnya, bisa ketemu juga sama Istan, anakku. Selama ini cuma nge-drop botol-botol aja :p Gini-gini anakku udah 2 lho.. ^.^ Ayah-Bunda-Gaza […]

  3. dian says:

    Assalamualaikum.saya juga sedang bingung mengenai stok ASI sbentar lg saya bekerja, tp blum bs stok ASI krn ASI saya tdk terlalu banyak (saat ini di bantu sufor😦 ) membaca mengenai donor ASI saya jd tertarik tp msh blum mengerti terlalu detail apakah scara Islam di izinkan & apakah mempengaruhi sifat anak kelak?mohon sharing ya.. Trimakasih

    • Lintang DF says:

      wa’alaykumussalam, mba dian..
      mba masih bingung ya soal donor asi. Kalo di islam, soal donor ASI ini sudah ada dari dulu. Bahkan rasul sendiri disusui oleh ibu susuan. Donor ASI ataupun bank ASI sudah difatwakan halal kan oleh MUI. Mba bisa juga baca penjelasan para ulama mengenai donor ASI di salah satu postinganku..
      Soal membawa sifat atau nggak, secara medis mmg belum nemu landasannya. Tapi, dalam Islam pun, kita diminta untuk tahu dan mencari ibu susu yang memiliki latar belakang yang baik. Dan tentunya penting juga untuk tahu riwayat kesehatan sang Ibu..
      Mba lokasi dimana? kalo mo ngobrol lebih jauh, add saya di YM : df.lintang

  4. baxri says:

    assalamualaikum Wr Wb,,
    sekarang ini di kulkas rumah ku stock asi cukup banyak,,
    kalau ada yang mau ASI bisa hub, @mail ku di
    baxri77@gmail.com

    wassalam

  5. siska says:

    mba,klo saya membutuh kan donor asi website ny apa ya? anak saya perempuan lahir 29 mei 2010.info ny donk plis.tq

    • Bunda Gaza says:

      Terima kasih sudah berkunjung ke website saya.. walaupun akhir-akhir ini saya sudah gak update lagi..
      berarti sekarang anaknya udah 8.5 bulan ya usianya?
      Kalo boleh tau, kenapa mom pengen cari pendonor ASI? ada masalahkah dengan menyusuinya?
      Kebetulan saya juga seorang konselor laktasi, jadi kalo tau masalahnya, mungkin bisa saya bantu..

  6. trixie says:

    Ass.wr.wb, Bunda Gaza,

    Anak saya umurnya 4 bln, bayi prematur 6,5 bln, asi saya pd saat hbs mlahirkan hanya keluar 10cc setiap harinya dan sekarang sudah tidak keluar sama sekali. Sekarang anak saya ada di NICU, hipertensi paru diagnosa dokter. Dokter ingin memberikan susu kepada anak saya setelah di seminggu dipuasakan dan dokter berkata sebaiknya asi. kalau bunda berkenan, apakah masih ada stock asi yg bisa diberikan? Terima kasih atas jawabannya

  7. semangat untuk berbagi pd sesama…

  8. helmy says:

    assalamualaikum wr.wb

    saya papa dari anak lelaki yang diberi nama akhtar al fatih prihadi (attar), 8 hari lagi attar insya ALLOH Sarjana Asi, tetapi persediaan asinya sedikit, sedangkan mamanya sakit DB + typus, yang kata dokter gak baik jika masih memberikan asi pada anak…. mohon bantuannya,,,apa bisa??

    terima kasih sebelumnya.

    wassalam.

  9. rullyawati says:

    Ada yg bisa bntu?
    ASI saya gga kluar krna si baby bingung puting,,,
    Baby saya perempuan usia 3blan…
    Saya butuh yg berdonasi dibandung…

Leave a Reply

Aku dan dia

Kidzsmile Foundation

AIMI Jabar

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7 other followers

Yang silaturahim

  • 66,921 hits
