Keluarga Alamanda

Icon

. cerita bunda . cerita keluarga mahayattika .

Ikutan Menyusui Serentak yuuu…

Halo para moms,dads juga calon moms&dads di Bandung & sekitarnya.. .

Sebagian anggota milis AsiForBaby (AFB) Bandung dengan dukungan dari AIMI Pusat dan pemerintah daerah tingkat I Jawa Barat bersepakat untuk membentuk AIMI Cabang Jawa Barat. Tujuan dari pendirian AIMI Cabang Jawa Barat ini adalah untuk lebih menggiatkan kampanye dan pendidikan tentang pentingnya ASI di Kota Bandung dan kota-kota lainnya di Jawa Barat, sehingga lebih banyak lagi ibu-ibu di wilayah Jawa Barat yang dapat memberikan ASI serta mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

Read the rest of this entry »

Filed under: Uncategorized, , , , , ,

Belajar dari “Kartini” Jepang

Gaza Mblangkon

Dari jaman aku bayi dulu, sampe sekarang udah gendong bayi, yang namanya Hari Kartini adalah identik dengan festival pakaian adat. Tiap TK, SD, berlomba-lomba bikin lomba pakaian adat. Bahkan Hari Kartini 2010 kemarin di beberapa instansi pemerintah, juga swasta, karyawati-karyawatinya sampai kompakan pakai kebaya. Memang apa hubungannya Kartini dengan Kebaya?

Ada juga kelompok yang mengatasnamakan gerakan “pembebasan perempuan” yang menuntut penyetaraan perlakuan antara pria dan wanita di segala bidang. Apakah wanita harus sama dengan laki-laki?

Coba kita simak isi surat Kartini :

Kami di sini meminta, ya memohonkan, meminta dengan sangatnya supaya diusahakan pengajaran dan pendidikan anak-anak perempuan, bukanlah sekali-kali karena kami hendak menjadikan anak-anak perempuan itu saingan orang laki-laki dalam perjuangan hidup ini, melainkan karena kami, oleh sebab sangat yakin akan besar pengaruh yang mungkin datang dari kaum perempuan-hendak menjadikan perempuan itu lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan oleh Alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu-pendidik manusia yang pertama-tama.(4 Oktober 1902 Kepada Tn Anton dan Nyonya. Habis Gelap Terbitlah Terang terjemahan Armijn Pane. PN Balai Pustaka 1985)

Padahal Ibu-kita-Kartini-putri-sejati :p kala itu tidak menuntut kesetaraan dengan laki-laki dalam segala bidang, beliau hanya memintakesetaraan hak dalam memperoleh pendidikan, sehingga bisa menjalankan fungsinya, kewajibannya sebagai pendidik anak-anaknya dengan lebih optimal.

Read the rest of this entry »

Filed under: Uncategorized, , , , ,

Ga tegaaa..

Sedih..

Waktu di perjalanan pulang tadi, ngeliat pengemis ibu-ibu yang sedang “beroperasi” di perempatan. Dan yang bikin sedih, dia bawa bayi! Bayinya keliatan kecil banget. Lebih kecil dari Gaza baru lahir! Entah emang badannya yang kecil, mungkin kurang gizi. Atau emang masih kecil (anak masih “merah” kok ya dibawa-bawa??).

Kok tega-teganya bayi yang ga berdaya itu diajak “kerja” di tengah dinginnya gerimis, di antara jahatnya asap-asap knalpot, si dede bayi tidur dengan pulesnya di gendongan si ibu. Jadi inget Gaza di rumah.. 😥

Kesel sama diri sendiri yang ga bisa ngelakuin apa-apa buat dede bayi itu..

Semoga Allah senantiasa menjaga si bayi,

Membuka hati si ibu dan memudahkan rejekinya, sehingga ga perlu lagi bawa-bawa si bayi…

Filed under: Uncategorized

Re-Fresh!

Lagi getol banget nguprek-nguprekin WP. Blog-walking ke blog-blog lain, jadi “iri”, pengen punya blog yang FRESH! akhirnya, ganti Theme deh..

Gimana, sekarang tampilannya lebih fresh dan rapih kan ? ^.^

Filed under: Uncategorized,

Kenapa Pilih ASIX

Kenapa ya Bunda ngotot banget pengen ngasih Gaza ASIX?

 

Pertama, kualitasnya

Ga diragukan lagi, ASI is the best for baby! Komposisi dan kandungannya pas sesuai dengan perkembangan kebutuhan Gaza. Apalagi kalo selama 6 bulan full, Gaza hanya mimik ASI tanpa tambahan apapun–bahkan air putih. ASI punya zat hidup berupa enzim dan antibodi yang ga dimiliki susu formula merk termahal sekalipun yang bisa meningkatkan imunitas bayi, terutama di awal-awal kehidupannya, di mana pencernaannya belum berfungsi sempurna.

Allah maha kaya, maha pemurah yang menciptakan wanita bisa mengandung, bisa melahirkan dan bisa memberi makan anaknya yang belum berdaya itu melalui dirinya, dan itu C-U-K-U-P, tanpa perlu tambahan makanan lainnya. Allah keren kaaan…

Kedua, efek psikologis

Menyusui, adalah moment intim ibu dan bayinya. Its a treasure time! Kehangatan dada ibu memberikan rasa aman dan nyaman bagi bayi. Sentuhan kulit dengan kulit ibu membuat bayi merasa tenang. Di situ pula bayi bisa mendengar irama degup jantung ibu yang selama 9 bulan menjadi harmoni yang sangat dikenalnya. Semua itu juga dapat memperkuat bonding antara mereka.

Ekspresi Gaza yang paling Bunda suka, ya itu, ekspresi ‘larut’nya Gaza dalam dekapan Bunda saat menyusui. Pengennya bisa eye-to-eye contact, tapi entah kenapa –mungkin terlalu nyaman didekap, atau karena “pelor”??– Gaza selalu merem kalo lagi nenen :p.

Ketiga, simply

Ya ga perlu repot-repot nakar-nakar susu, cari air panas, cuci-steril botol tiap kali mau nyusuin. Cukup cari tempat yang aman, tutupin pake apron atau baby blanket dan zleph! ^.^

Keempat, tidak takut najis

Bayi laki-laki selama ia minum ASI SAJA maka pipisnya tidak perlu dicuci, cukup dipercikkan air saja.

“Pakaian yang terkena air kencing bayi perempuan harus dicuci, sedangkan pakaian yang terkena air kencing bayi laki-laki maka diperciki dengan air jika belum mengkonsumsi makanan.”(HR. Abu Dawud)

Jadi Bunda tenang-tenang aja, walau Gaza pipis sana-sini.. yaa, tinggal tahan pesingnya aja 😀

Kelima, irit

Jelas, Bunda ga perlu beli susu formula yang mahalnya selangit itu.. Lumayan, duitnya kan bisa dipake buat Ayah dan Bunda nonton bioskop, lho??! Sometimes, something best is FREE!

Kelima hal itu cukup kan untuk membuat Bunda memperjuangkan ASIX buat Gaza..

Bismillah, semoga istiqomah

Filed under: Uncategorized, ,

Rumput Tetangga Tidak Selalu Lebih Hijau

Ada banyak kisah di sekitar kita, tentang hamil-melahirkan-menyusui, yang membuat kita bisa berkaca..

Ada temen Bunda yang lagi hamil sepertinya kurang diperhatikan suaminya (subjektif lho– maksutnya, kalo Bunda jadi dia, dan Ayah bersikap seperti itu, Bunda pasti sedih banget 😦 ).

Ada yang ASInya banyak, putingnya sehat, tapi karena Working Mom dan lumayan sibuk, agak keteteran untuk pumping. Jadi seringkali harus kejar-kejaran stok ASIP.

Ada juga yang ASInya ga keluar sama sekali, padahal udah dicoba segala macam cara. Pijat, makan segala macam suplemen. Akhirnya dari awal sampe sekarang terpaksa diberikan sufor 😦 dan dia juga terpaksa SC saat melahirkan.

Lebih meluluhkan hati lagi, temen lama Bunda, ASInya keluar, bagus, tapi anaknya avagenesis, kelainan bawaan, hingga si dede kecil harus menjalani operasi di hari ke-2 dia di dunia 😦

Begitu juga beberapa teman yang bunda kenal, sudah berupaya untuk persalinan normal, tapi terpaksa harus SC.

Kalau melihat pengalaman dan kondisi temen-temen di sekitar Bunda, Bunda bener-bener harus banyak bersyukur. Allah “hanya” menguji bunda dengan puting yang lecet (yang kadang bikin Bunda hampir desperado, eits cuma ‘hampir’ lho..). Tetapi di balik itu Allah berikan begitu baaaanyak nikmat lainnya.

Ayah yang selalu mendukung dan perhatian sama Bunda (walau sering juga kalo lagi kambuh gameholic-nya, Ayah udah serasa terhisap ke dalam layar komputer, masuk ke dalam dunia game dan terjebak di sana :D);

Gaza lahir dengan persalinan spontan, walau nyaris SC, tapi akhirnya cukup diinduksi dan sedikit divakum;

ASI bunda yang banyak, sampe-sampe bisa berbagi ke yang lain;

Dan pastinya, rahmat besar berupa anak yang sempurna, sehat dan aktif.

Gazaku yang sehat dan aktif

Ternyata, rumput kita juga hijau! Malah, mungkin lebih hijau! Tergantung bagaimana kita melihatnya..

Memang, ujian tiap orang berbeda-beda. Syukuri, bagaimanapun keadaan kita, dan jalani tiap tantangan dengan ikhlas dan sabar.

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

(QS. Ar Rahman)

Filed under: Uncategorized

Bunda Gaza

Lilypie Breastfeeding tickers

Archives

my read shelf:
Lintang Dwi's book recommendations, favorite quotes, book clubs, book trivia, book lists (read shelf)

Aku dan dia

Kidzsmile Foundation

AIMI Jabar

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 9 other followers

Yang silaturahim

  • 72,203 hits